Jago Facebook Ads! Bagaimana Strategi di dalam Facebook Marketing?
Untuk mencapai hasil yang
maksimal, anda harus menjalankan Facebook marketing dengan langkah yang tepat.
Apa saja Langkah yang tepat itu ?
1. Mulailah dengan tujuan yang Jelas
Sebuah upaya pemasaran harus dimulai dengan tujuan yang jelas. Tanpa terkecuali, Facebook marketing. Kenapa demikian, karena akan membantu anda mengukur apakah upaya yang harus dilakukan ketika sudah berhasil. Sebagai gambaran untuk anda, jika anda belum menentukan tujuan anda, mulailah dengan sebuah survey ke pelanggan anda.
2. Kenalilah target pasar
anda
Untuk dapat mencapai
tujuan yang sudah anda tentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan target
pasar anda. Dengan mengetahui target pasar, hal ini dapat membantu anda dalam menentukan biaya
pemasaran hingga menentukan jenis konten untuk diposting.
3. Ciptakanlah konten yang
semenarik mungkin
Setelah mengetahui target
pasar anda, saatnya anda membuat konten yang menarik. Strategi ini
berlaku baik untuk posting di Facebook Page maupun saat beriklan menggunakan
Facebook Ads. Dari sisi format, sebisa mungkin jangan hanya melakukan
posting berupa teks saja. Lengkapilah dengan foto maupun video.
4. Jadwalkan posting
konten dengan sebaik mungkin
Menjadwalkan posting konten sangat penting untuk membantu anda menentukan kapan posting dilakukan dan seberapa sering. Terlalu sering melakukan posting tentu akan memberi anda sedikit waktu untuk menciptakan konten. Hasilnya, bisa saja kualitas konten anda kurang maksimal. Hal ini akan meninggalkan kesan kurang baik bagi pengunjung.
5. Aktif berkomunikasi
dengan audiens
Salah satu tujuan utama
media sosial adalah membangun chanel komunikasi. Jika anda menggunakan
Facebook marketing, pastikan anda dapat berkomunikasi dengan konsumen anda
dengan baik. Disini
artinya, anda tidak hanya
berfokus pada konten yang anda posting saja. Akan tetapi anda bisa menjawab komentar konsumen juga merupakan hal yang sangatlah penting.
6. Tentukan biaya yang
sesuai
Strategi selanjutnya
adalah menentukan biaya pemasaran
dengan baik. Proses pembuatan konten untuk Facebook marketing tak jarang
membutuhkan biaya. Bagi pebisnis kecil menengah yang baru
memulainya, sebaiknya pilih cara pembuatan konten yang gratis atau murah.
Tujuannya
apa ? agar biaya bisa digunakan untuk kegiatan lain.
7. Monitor dan Analisis
Strategi Anda
Setelah melakukan posting
konten, lakukanlah upaya monitoring. Bisa dengan mengamati komentar yang diberikan
pengunjung, ataupun melihat
perkembangan jumlah share, like, dan komen.