Beragam Keuntungan dan Kerugian Jual Foto Online di Shutterstock

 

Shutterstock merupakan suatu microstock atau platform tempat menjual foto yang berskala global. Setiap kalangan mulai dari fotografer profesional hingga fotografer pemula yang masih menggunakan handphone juga dapat berjualan foto di situs ini. Kira-kira apa sajakah keuntungan dan kerugian jual foto online di Shutterstock?

Inilah Keuntungan dan Kerugian Jual Foto di Shutterstock

Bagi yang memiliki ketertarikan dalam dunia fotografi, mungkin bisa menyalurkan hobinya dengan berjualan foto online di Shutterstock. Nah, apa saja sih keuntungan maupun kerugiannya? Mari simak dalam ulasan di bawah ini.

1. Keuntungan Jual Foto Online di Shutterstock

a. Pendaftaran Mudah

Kelebihan pertama yang ditawarkan oleh Shutterstock adalah proses pendaftaran yang mudah tanpa memerlukan identitas tambahan. Cukup isi data diri standard dan elamat e-mail, kemudian verifikasi seperti biasa. Semudah itu dan bisa langsug memakainya.

b. User Friendly

Tidak hanya pendaftarannya yang mudah, proses mengunggah foto yang akan dijual juga cukup praktis, bisa melalui aplikasi mobile Shutterstock yang sudah ada di App Store dan Play Store.

Proses review foto di situs ini juga termasuk cepat karena terkadang hanya perlu menunggu sekitar 30 menit. Jadi, meski orang awam pun bisa menggunakannya dengan mudah. Baik itu untuk upload ataupun ketika menjelajah fitur-fitur yang disediakan di sana.

c. Cuan

Menariknya, selain dari berjualan foto, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui program referral atau mengundang teman. Komunitas yang berada di dalam atau pun di luar situs jumlahnya juga cukup banyak dan tidak jarang membagikan informasi tentang tren foto yang sedang laris.

2. Kerugian Jual Foto Online di Shutterstock

Di sisi lain, keuntungan dan kerugian jual foto online di Shutterstock memang banyak, tinggal bijaksana dalam memggunakanya. Sebab selainberbagai kemudahan yang ditawarkan oleh Shutterstock, situs ini memiliki nilau minus lantaran persaingan yang sangat tinggi.

Banyaknya orang yang berjualan di situs ini, mengakibatkan stok yang baru saja Anda tambahkan mudah saja tertumpuk dengan unggahan stok baru dari pengguna atau penjual lain.

Harga jual foto di situs Shutterstock ini juga terhitung masih sangatlah murah. Ditambah lagi, banyaknya promo yang dibebankan kepada pemilik situs dan fotografer. Ini kemudian berpengaruh pada proses hingga Anda bisa dibayar akan memakan waktu yang cukup lama.

Hal ini dikarenakan batas minimal penarikan atau withdrawal sampai $500 untuk metode cek dan $35 untuk metode online payment. Itu artinya, Anda harus menghasilkan earnings minimal $35 untuk dapat dibayar oleh Shutterstock.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url