Cara Memperbaiki Flash disk Rusak di Laptop

Pada saat flash disk rusak atau tidak terbaca di laptop mungkin itu akan menjadi salah satu masalah bagi orang karena data yang terdapat di dalam flash disk mungkin merupakan data penting.

Flash disk merupakan sebuah alat perangkat keras yang dapat menyimpan data dan dapat dibawa kemana saja, jadi ketika kita ingin mengirim atau mengcopy sebuah file kita tinggal menggunakan flash disk.

Maka sudah tidak dapat dipungkiri bahwa flash disk sangat diandalkan dalam menyimpan data. Namun dibalik kelebihan dan manfaatnya flash disk juga sering kali mengalami kerusakan. Bila kamu menemukan artikel ini maka kamu sudah tepat untuk mengatasi flash disk yang rusak atau tidak terbaca.

Flash disk yang rusak bisa kamu lihat dengan tidak terbacanya flash disk pada laptop maupun android. Penyebab flash disk rusak karena biasanya cabut paksa tanpa melakukan eject terlebih dahulu.

Kebiasaan cabut paksa merupakan hal yang buruk bagi flash disk, tanpa kamu sadari kamu hal yang telah kamu lakukan akan membuat flash disk mu rusak.

Penyebab flash disk rusak

Berikut beberapa penyebab flash disk menjadi rusak:

  1. Tidak melakukan eject
  2. Sering terbanting
  3. Menyimpan flash disk dekat dengan barang elektronik
  4. Mengedit file langsung didalam flash disk
  5. Flash disk terkena virus

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi flash disk menjadi rusak. Lantas bagaimana jika flash disk terlanjur rusak atau tidak terbaca?

Cara Memperbaiki Flash disk rusak

Kalau flash dsik kamu rusak, tidak terbaca bahkan eror, kamu jangan langsung membuang atau membeli yang baru ,sebaiknya kamu ikuti cara yang ada dibawah ini agar memastikan bahwa flash disk yang kamu punya berada dalam kondisi yang baik. Berikut ini langkah-langkahnya

  • Hubungkan flash disk yang rusak ke Port USB lapto atau pc
  • Tekan tombol Windows+R untuk membuka Windows Run
  • Ketik compmgmt.msc lalu tekan Enter
  • Setelah Computer Management terbuka pilih Stronge
  • Kemudian pilih Disk Management
  • Klik kanan pada flash disk, lalu pilih Create partition
  • Maka flash disk berhasil diperbaiki
  • Done

Kesimpulan

Dari cara yang sudah dilakukan dapat kita ketahui bahwa flash disk yang rusak bisa kamu atasi dengan melakukan format data pada flash disk. Namun cara tersebut bukanlah cara satu-satunya untuk memperbaiki flash disk. Sekian pembahasan kali ini semoga artikel ini dapat membantumu untuk mengatasi flash disk yang rusak. Stay tune.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Zenonzard
    Zenonzard 18 Mei 2021 13.00

    Sangat membantu

Add Comment
comment url