Rahasia Membuat Proposal Bisnis yang Menarik

Rahasia membuat proposal bisnis yang menarik wajib diketahui buat Anda yang sedang merencanakan untuk memulai bisnis. Proposal usaha merupakan alat atau media tertulis yang ditulis oleh wirausahawan untuk ditujukan kepada calon investor untuk mendapat suntikan dana.

Beberapa Rahasia Membuat Proposal Bisnis yang Menarik

Ketertarikan investor untuk mendanai suatu usaha tidak terlepas dari peran proposal bisnis yang dibuat dengan powerfull dan menarik. Jika proposal yang sudah diajukan saja sudah tidak menarik, maka peluang untuk mendapatkan dana investasi tentu lebih kecil. Apa saja ciri-ciri proposal yang bagus?

1.Disusun Secara Terstruktur dan Sistematis

Mengingat pentingnya dokumen proposal bisnis ini, tentu tak bisa dibuat sembarangan dan harus memenuhi unsur-unsur tertentu. Proposal bisnis harus dibuat secara rinci, terstruktur, dan sistematis sehingga calon investor memiliki gambaran yang jelas terkait usaha yang dirancang dalam proposal.

Proposal harus mengandung unsur pembukaan, latar belakang, tujuan, inti pembahasan tentang usaha, laporan keuangan, dan penutup yang berisi kesimpulan. Masing-masing bagian dalam proposal tersebut harus dibuat dengan detail, to the point, dan tidak bertele-tele agar investor tertarik.

2.Menggambarkan Produk yang Akan Dibuat dengan Jelas dan Menarik

Produk baik berupa barang maupun jasa adalah bagian penting yang harus ada saat memulai usaha. Bagaimana bisa memulai usaha jika tidak ada bayangan produk apa yang akan dijual di pasaran. Dalam proposal bisnis harus dijelaskan secara detail dan menarik terkait produk tersebut.

Anda bisa membuat presentasi tentang produk yang akan dibuat baik menggunakan media gambar maupun video. Buat semenarik mungkin campaign dari produk tersebut sehingga investor bisa berperan sebagai calon pembeli yang bisa melihat peluang produk tersebut di pasar.

3.Menunjukkan Tingkat Pengembalian Modal

Saat memutuskan untuk menginvestasikan dananya pada suatu usaha, investor tentu berharap mendapatkan keuntungan sekaligus balik modal dari dana yang telah diinvestasikan. Untuk itu, di dalam proposal harus menunjukkan tingkat pengembalian modal atau break event point.

Membuat proposal bisnis adalah tanggung jawab pemilik usaha yang memiliki ide atas bisnis tersebut. Sehingga penting untuk mengetahui rahasia membuat proposal bisnis yang menarik  agar bisa lebih mudah menggaet investor.

Kesimpulan

Tiga hal yang sudah dibahas tadi merupakan rahasia agar proposal bisnis yang kamu susun banyak yang tertarik sehingga kamu dengan mudahnya terjun ke dunia bisnis.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url