Mengenal Lebih dalam Bahasa Pemrograman Bahasa C

 


Bahasa c merupakan salah-satu dari bahasa pemrograman yang ada. Sejarahnya, bahasa c dibuat  pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie. Bahasa c juga merupakan bahasa pemrograman yang umum dipelajari oleh para pelajar khususnya pelajar pada bidang teknik informatika. Banyak kelebihan serta kekurangan yang terdapat pada bahasa pemrograman ini, namun pada artikel ini kita akan fokus untuk membahas hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat mengimplementasikan bahasa c kedalam program.

Header

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada bagian ini adalah penulisan fungsi program seperti contoh berikut:

#include <stdio.h>

Kesalahan yang sering terdapat bagi para pemula yaitu menulis fungsi program dengan fungsi yang berbeda. Tidak sedikit para pelajar pemula yang ingin mempelajari bahasa ini menggunakan fungsi dengan tulisan program #include <studio.h>  yang pada akhirnya membuat program tidak bisa dijalankan karena kesalahan penulisan fungsi. Maka dari itu, harus digaris bawahi untuk penulisan fungsi pada bahasa c yang benar adalah <stdio.h> bukan <studio.h> dan disertai dengan fungsi main() (buka kurung dan tutup kurung) seperti pada contoh gambar dibawah.

Dalam hal ini, fungsi #include <stdio.h> dan fungsi main() merupakan suatu kesatuan yang wajib ada jika ingin memulai program. 

Symbol

Setelah header, program diikuti dengan tanda{} (kurung kurawal buka dan tutup). Pada umumnya, setiap software pengembangan bahasa pemrograman bersifat auto detect. Dalam artian, jika menekan kurung kurawal buka maka secara otomatis akan terdeteksi dan kurung kurawal tutup akan tampil dilayar dengan sendirinya. Adapun contoh penggunaannya pada gambar berikut.

Isi

Setelah memenuhi syarat-syarat memulai program seperti penggunaan header dan symbol yang wajib ada, selanjutnya isi program yang ingin dijalankan bisa diletakkan diantara (pertengahan) kurung kurawal buka dan tutup. Apapun yang ingin dikembangkan dengan menggunakan bahasa tersebut bisa tuliskan dibagian isi. Contoh kasus, penulis ingin mengetik serta menampilkan tulisan “Hello World” dilayar. Maka, penulisan program yang lengkap dengan menggunakan Bahasa C yang terdiri dari header, symbol dan isi yaitu sebagai berikut:

Catatan:

  • Printf merupakan perintah dengan bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menampilkan tulisan dilayar.
  • Isi yang ingin ditampilkan dilayar bisa ditulis setelah perintah printf, tanda buka kurung dan tanda kutip dua atas seperti pada gambar diatas.
  • Setiap selesai menuliskan perintah, symbol ; (titik koma) wajib disertakan. Jikalau tidak, perintah tidak akan terbaca yang mengakibatkan program tidak bisa dijalankan.
  • Menekan tombol F11 jika semua syarat serta perintah telah terlaksana.

Hasil:

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url