Hal yang Mesti Kalian Ketahui Mengenai GPU Intel Iris Graphics (Edisi Intel Iris Plus Graphics)

Halo semuanya, disini saya akan membahas kembali GPU terbaru dari intel, nahh di postingan sebelumnya kita sudah membahas soal 2 GPU dari intel yaitu Intel iris xe dan xe max, kalau kalian belum meliat artikel yang sudah kami buat, silahkan klik ini untuk melihat artikel yang membahas Intel Iris Xe dan klik ini juga untuk melihat artikel tentang Intel Iris Max.

Nahh disini saya akan membahas GPU terakhir yang dikeluarkan oleh intel, yaitu INTEL IRIS PLUS GRAPHICS yang dimana disini memiliki spesifikasi dan performa hampir dibawah dari kedua GPU yang sudah kita bahas, ibaratnya paling adik lahh kalau di keluarga HAHAHAHA.

Tapi perbedaan mencolok dari ketiga GPU intel lainnya, intel iris plus terintegrasi dengan CPU, dengan kata lain seperti intel uhd graphics lahh boleh dibilang tetapi apa bedanya dari intel UHD Graphics yang banyak orang bilang bahwa prosesor grafis paling terjelek, apakah apa perubahan yang sangat signifikan?? Nahh disini kita akan membahas semuanya dari spesifikasi serta performa yang ditawarkan.

SPESIFIKASI



PERFORMA


Intel iris plus memiliki performa yang sangat bagus di Intel generasi ke 11 dan juga kompatibel di generasi sebelumnya (generasi ke 10), bisa kita lihat dari tabel yang dibawah, penamaan kode G di seri prosesor menandakan jenis kartu grafis ini terintegrasi dengan prosesornya jadi seperti intel uhd lahh yang kita sering jumpai di laptop terdahulu dan juga arti dari kode G7 telah menggunakan komfigurasi 64 EU, G4 dengan 48 EU dan G1 berarti menggunakan konfigurasi 32 EU. Intel juga mengklaim bahwa kemampuan kecerdasan buatan atau AI menjadi fitur penting yang mendukung performa laptop dan prosesor ini.

Fitur AI bernama Intel Adaptix secara pintar akan mengenali dan menganalisis kegiatan yang berjalan di perangkat, sehingga performanya bisa optimal dengan konsumsi daya efisien sesuai dengan kegiatan komputasi yang berlangsung. 

Intel juga mengklaim laptop tipis dan ringan dengan prosesor ini bisa mendukung pengalaman bermain game di resolusi 1080 dan kemampuan untuk mengolah video beresolusi 4K lebih cepat. Tentunya hal ini membuat laptop tipis tidak sekadar memiliki baterai yang hemat, tapi lebih mumpuni dibanding generasi sebelumnya.

Laptop yang menggunakan prosesor Intel Ice Lake juga akan memiliki dukungan Thunderbolt 3 di empat port USB. Tidak ketinggalan prosesor ini juga akhirnya membawa dukungan modem internet WiFi 6.

Sejauh ini belum diketahui laptop buatan vendor mana yang akan pertama dirilis menggunakan Intel Generasi ke-10 Ice Lake. Kemungkikan laptop-laptop yang akan dirilis akan masuk dalam bagian dari Project Athena, proyek Intel untuk membuat laptop tipis dan ringan memiliki performa tinggi seperti laptop mainstream.

Nah ini beberapa pengujian bechmark yang telah dilakukan, dan bisa kita lihat sekira intel iris plus lebih tinggi dibandingkan dengan Nvidia Geforce MX230 yang dimana GPU ini banyak terpasang pada laptop yang entry level yang kisaran 10 jt kebawah dan bisa bermain game dengan baik. 

KESIMPULAN

Meskipun intel iris plus secara umum kita bisa nilai sebagai GPU yang teritegrasi sama CPU tapi jangan sangka, bukan seperti intel uhd yang rendah sekali, intel iris plus memiliki performa yang sangat bagus dan bisa menjalankan game PC dengan lancar dengan kata lain intel sudah meningkatkan prosesor grafis ketingkat atas dan bisa melambung komeptitornya. Nahh cukup sekian dari pembahasan dari GPU intel, semoga bermanfaat dan sampai ketemu di artikel berikutnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url